ALAT
PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Alat
peraga merupakan bagian dari media pembelajaran, oleh karena itu istilah media
perlu dipahami lebih dahulu sebelum dibahas mengenai alat peraga lebih lanjut.
Media pembelajaran diartikan sebagai semua benda yang menjadi perantara
terjadinya proses belajar, dapat berwujud perangkat lunak atau software maupun
perangkat keras. Berdasarkan fungsinya media pembelajaran dapat berbentuk alat
peraga dan sarana pembelajaran.
Melalui
penggunaan alat peraga, hal-hal yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk yang konkrit
yang dapat dilihat, dipegang, dicoba sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh
siswa/i. Fungsi utama dari suatu alat peraga itu sendiri adalah untuk
menurunkan keabstrakan konsep yang diberikan oleh guru agar siswa/i mampu
menangkap/memahami arti dari suatu konsep yang abstrak tersebut dengan mudah
menggunakan alat peraga tersebut.
Dari
segi pengadaannya, alat peraga dapat dikelompokkan sebagai alat peraga
sederhana dan alatperaga buatan pabrik. Pembuatan alat peraga sederhana
biasanya dimanfaatkan dilingkungan sekitar dan dapat dibuat sendiri.
Sedangkan alat peraga buatan pabrik pada umumnya berupa mainan educatif atau
perangkat lunak yang pembuatannya memiliki katelitian ukuran serta memerlukan
biaya tinggi untuk proses pembuatannya.
Terkadang
suatu media dapat berfungsi ganda, pada saat tertentu berfungsi sebagai suatu alat
peraga dan pada saat yang lain juga dapat berfungsi sebagai suatu sarana. Maka
dari itu dalam penggunaannya alat peraga untuk pembelajaran matematika harus
disesuaikan dengan suatu keadaan dan diperlukan suatu teknik yang tepat, yaitu
dengan mempertimbangkan waktu penggunaan dan tujuan yang akan dicapai.
Apabila
ditinjau dari segi wujudnya, alat peraga matematika dapat dikelompokkan ke dalam
alat peraga benda asli dan benda tiruan. Bila bendanya yang asli
digunakan sebagai alat peraga maka disebut alat peraga benda asli, contohnya :
balok atau kubus yang terbuat dari kayu, segitiga yang terbuat dari kawat,dll.
Sementara itu alat peraga yang bukan dari benda asli atau alat peraga benda
tiruan, contohnya : gambar kubus, balok, segitiga, dan sebagainya. Dan guna
alat peraga adalah agar siswa lebih mudah mengerti dengan materi yang
diberikan.
Komentar
Posting Komentar