PEMECAHAN
MASALAH DALAM PEMBELAJRAN MATEMATIKA
Dalam dunia pendidikan khususnya
pendidikan matematika diperlukan strategi yang terintegrasi dalam kegiatan
belajar mengajar. Keterampilan memecahkan masalah harus dimiliki siswa,
keterampilan tersebut akan dimiliki para siswa bila guru mengajarkan bagaimana
memecahkan masalah yang efektif kepada siswa dan Perlu dipahami bahwa suatu
suatu pertanyaan yang dianggap masalah oleh seorang siswa belum tentu merupakan
masalah bagi siswa yang lainnya
Dalam
rangka mengajarkan strategi pemecahan masalah, siswa harus mendapatkan
kesempatan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tugas guru adalah memberikan
masalah yang tepat agar para siswa tertarik dan suka menyelesaikan masalah yang
dihadapi. Guru harus mempunyai database masalah yang dapat diambil dari
berbagai sumber namun pada saat tertentu siswa diperbolehkan memilih masalahnya
sendiri dan menyelesaikannya secara individu maupun secara berkelompok.
Untuk dapat mengajarkan pemecahan
masalah dengan baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu yang diperlukan, untuk
menyelesikan masalah sangat relatif artinya jika seorang siswa diperhadapkan
dengan satu masalah tanpa ada batasan waktu dalam menyelesaikannya, maka kecenderungan,
siswa tersebut tidak akan berkonsentrasi secara penuh pada proses penyelesaian
masalah yang diberikan dan jika batas waktunya ditentukan maka siswa akan
berpikir serius untuk menyelesaikan masalah tersebut karena harus mengejar
target yang pas untuk penyelesain masalah tersebut.
Perencanaan yang harus dilakukan
terlebih dahulu yaitu, aktivitas pembelajaran dan waktu yang diperlukan harus
direncanakan terlebih dahulu serta dikoordinasikan terlebih dahulu, sehingga
siswa dapat memiliki suatu kesempatan
yang cukup untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah dan dapat menganalisis
masalah serta mendiskusikannya dengan kelompoknya tentang pendekatan yang akan
mereka pilih untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Sumber, buku matematika biasanya
banyak memuat masalah yang sifatnya hanya rutin, maka guru dituntut untuk
menyembunyikan masalah-masalah lain sehingga dapat menambah soal pemecahan
masalah dan teknologi, sekalipun banyak kalangan yang tidak setuju dengan
penggunaan kalkulator disekolah karena akan mengakibatkan siswa malas untuk berhitung
dan akan tetapi pada hal tertentu kalkulator dapat digunakan oleh siswa, karena
alat tersebut perlu dipertimbangkan penggunaannya dalam pembelajaran matematika.
Komentar
Posting Komentar