MATEMATIKA MODERN
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWu4RpUkBEaVyy4rQ9wMFCThA8sDOcmPJbU8PITFkshhFoZ1GAUOPERitTjN9ZxACxrpqJHJIrtLk3EFzaz4P-VkGfamFtwvR4zWUS5mSTEQI4tNhSLwGAp0I1_rXEd8_fIgX05Q_rwhU/s320/gambar+matematika+modern.jpg)
Dalam
pengajaran matematika modern berhasil tidaknya pengajaran ditentukan dengan
beberapa faktor yaitu menyeleksi murid-murid, karena kemampuan siswa
berbeda-beda meskipun umurnya sama,
kurikulum yang baik, cara
mengajar, karena guru merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan
siswa selain menguasai metode mengajar guru juga harus memiliki penguasaan yang
luas dalam bidangnya, bimbingan dan
penyuluhan yang lebih baik, dan evaluasi hasil belajar yang lebih baik.
Matematika modern mengandung
penemuan, logika yang akurat, membedakan bilangan dari lambang bilangan atau
angka. Terdapat beberapa topik baru diantara topik-topik tersebut
adalah bilangan dasar nol desimal, aritmetika jam atau modular, teori himpunan,
sruktur aljabar atau alajabar abstrak, loigika matematika, aljabar Boole,
statistika, probabilitas (teori kemungkinan), dan topologi. Materi-matei baru ini ada yang diberikan sebagai ilmu,
namun ada juga merupakan pengikat atau pemersatu topik-topik matematika.
Dalam matematika
modern, istilah “sama“ dibedakan menjadi “kongruen” contohnya: “sebuah segitiga
sama sisi mempunyai tiga sisi yang sama”, dalam matematika modern adalah:
”sebuah segitiga mempunyai tiga sisi yang kongruen”. Istilah lainnya yang perlu
ditertibkan misalnya “luas daerah”. Dalam matematika lama (berhitung) luas
daerah sering dikatakan “luas segitiga”. Yang lebih tepat adalah luas daerah
segitiga.
Siswa/i berusaha menemukan dan
mengidentifikasi suatu masalah yang dikembangkan dari situasi real dan
menyelesaikan dengan caranya masing-masing. Proses matematisasi
selalu berjalan seiring dengan tindakan refleksi. Pada matematisasi horizontal
merujuk kapada matematisasi masalah yang berlatar pada masalah biasa yang
pernah ditemui dalam lingkungan hidupnya sehari-hari, dan matematisasi vertical
merupakan matematisasi persoalan matematika abstrak.
Komentar
Posting Komentar